Categories
Uncategorized

Kenapa Kita Memilih Masker Kain?

Kenapa Kita Memilih Masker Kain? Mengenakan masker mencegah dan melindungi kita dari penyebaran atau penularan COVID-19. Namun, jenis masker apa yang sebaiknya kita pakai? Haruskah kita memakai masker medis sekali pakai atau masker kain yang dapat digunakan kembali? Beberapa orang mengatakan bahwa masker kain yang dapat digunakan kembali tidak dapat menyaring virus, apakah itu benar?

Masker Kain

COVID-19 telah membuat peningkatan besar dalam penggunaan masker wajah sekali pakai di seluruh dunia, yang akhirnya berakhir di tempat pembuangan sampah dan di lautan. Bahkan masker bedah sempat menjadi sulit ditemukan dan harganya menjadi sangat mahal. Mari kita lihat apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah lingkungan ini.

Masker adalah barang yang cukup penting untuk dimiliki saat ini untuk mencegah penularan covid 19. Masker yang digunakan secara tiba-tiba dan berskala luas telah menyebabkan sedikit masalah ekstra bagi kita semua, dan limbah bagi planet ini. Untungnya, masker kain  yang dapat digunakan kembali dapat membantu meringankan atau bahkan menghilangkan beberapa masalah ini. Secara khusus, penggunaannya dapat membantu mencegah banyak dampak ekologi dari masker sekali pakai. Dan, mungkin akan membantu berdampak pada keuangan kalian juga. Sejauh ini, kita telah melihat bahwa peningkatan besar dalam permintaan masker dan kurangnya sistem untuk membuangnya dengan benar setelah digunakan menyebabkan cukup banyak kerusakan lingkungan (dalam bentuk limbah). Di sini, masker kain yang dapat digunakan adalah salah satu jalan keluar terbaik. Mereka berfungsi sama seperti masker sekali pakai:

  • Bernapas dengan nyaman dengan perlindungan penuh
  • Ramah lingkungan, karena dapat digunakan kembali
  • Menghilangkan tetesan air yang mengangkut partikel virus.

Masker sekali pakai kelas medis terbuat dari lapisan bahan plastik, dan ada beberapa jenis masker medis yang dapat digunakan kembali. Dokter dan perawat kita membutuhkan ini sekarang, jadi yang saya rekomendasikan adalah masker kain buatan rumah. Masker kain tidak digunakan di rumah sakit karena tidak menawarkan perlindungan yang cukup terhadap sejumlah patogen. Namun bagi masyarakat umum, yang perhatian utamanya adalah mencegah partikel pembawa virus corona memasuki mulut atau hidung, bahkan masker seadanya (seperti syal yang dibungkus rapat) efektif mencegah penyebaran virus antar individu. Mereka juga cukup efektif dalam mengurangi volume tetesan yang dipancarkan oleh pembawa dan kisaran embusannya.

Jika kalian ingin membeli beberapamasker kain, mari kita lihat apa yang harus kalian perhatikan. Efisiensi masker ditentukan oleh dua faktor: seberapa baik masker menyaring, dan seberapa cocok masker tersebut dengan pengguna. Salah satu hal pertama yang harus kalian cari adalah lapisan. Semakin banyak material yang ada, dan semakin rapat keduanya, semakin sulit kontaminan seperti virus corona untuk melewatinya. Kedua, lihat bahan yang mereka gunakan. Bahan terpadat memiliki tujuan filtrasi terbaik. Agak sulit untuk memeriksanya secara online tetapi tanyakan apakah penjual bersedia memberi kita foto masker dengan lampu di belakangnya. Jika cahayanya bersinar mungkin tidak cukup padat untuk menyaring partikel air liur yang membawa kuman. Namun, kalian juga tidak ingin terlalu padat, yang akan membuat kalian sulit bernapas.  Katun dan sutra adalah bahan yang bagus untuk membuat masker. Mengenai kecocokannya, mungkin sulit untuk menguji saat membeli secara online. Jika kalian tidak dapat mengetahui dengan pasti apakah masker akan cocok untuk kalian pastikan penjual membelikan garansi pengembalian uang jika masker tidak cocok, atau agar lebih aman kalian bisa membeli masker secara langsung yang sudah tersedia di toko-toko pakaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *